Buah Naga By Organik Share

Organik ShareBuah naga (Inggris : pitaya) adalah buah dari golongan kaktus dari marga Hylocereus & Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah & Amerika Selatan tetapi saat ini sudah banyak dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Filipina, Taiwan, Indonesia, Vietnam  & Malaysia. Buah ini dapat kita temui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus cuma mekar terhadap tengah malam hari. 


Tahun 1870 tanaman ini dipindah orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. buahnya dianggap bisa membawa barokah Oleh orang Vietnam dan orang Cina. Oleh karena itu, buah ini senantiasa diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah kelihatan mencolok di antara warna naga-naga yg hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu dikenal sebagai thang loy (buah naga) oleh kalangan orang Vietnam yang terpengaruh budaya Cina . Istilah Thang loy setelah itu diterjemahkan di Eropa & negeri lain yang dalam bahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).



Morfologi tanaman Buah Naga terdiri dari akar, batang, duri, bunga, & buah. Akar buah naga hanyalah berbentuk akar serabut yang berkembang dalam tanah terhadap batang atas juga sebagai akar gantung. Akarnya tumbuh di sepanjang batang terhadap bidang punggung sirip di sisi batang. Terhadap bidang duri, dapat tumbuh bunga yg wujudnya serupa bunga Wijayakusuma. Bunga yang tidak rontok berkembang jadi buah. Buah naga wujudnya bulat agak lonjong seukuran dengan buah alpukat. Kulit buahnya berwarna merah menyala untuk jenis buah naga putih & merah, sedangkan buah naga hitam kulitnya berwarna merah gelap & kulitnya berwarna kuning untuk buah naga kuning. Di sekujur kulit dipenuhi dgn jumbai-jumbai yg dianalogikan dgn sisik naga. Oleh lantaran itu, buah ini dinamakan buah naga.


Batangnya berbentuk segitiga, durinya teramat pendek dan tak mencolok, maka tidak jarang dianggap "kaktus tidak berduri". Bunganya mekar terhadap awal senja seandainya kuncup bunga telah berukuran kurang lebih 30 centimeter. Mahkota bunga bidang luar yg berwarna krem, mekar lebih kurang pukul sembilan tengah malam, lalu disusul mahkota bagian dalam yang berwarna putih bersih, meliputi banyaknya benang sari yg berwarna kuning. Bunga seperti corong itu hasilnya terbuka penuh kepada malam, sebab itu buah naga dikenal juga sebagai night blooming cereus. Diwaktu mekar penuh, buah naga tersebar bau yg harum. Aroma ini buat memikat kelelawar, supaya menyerbuki bunga buah naga








1 comments:

Claunsdira Gohara said...

ada permainan seru yang menanti anda untuk memenangkan hadiah nya hingga jutaaan rupiah..
ayo segera daftar kan diri anda di ionqq*co.m
pin BB : 58ab14f5

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter